Lowongan CPNS Kementerian BUMN Tahun 2017 - Rekrutmen Lowongan Kerja CPNS BUMN SMA D3 S1 2024
News Update
Loading...

9/06/2017

Lowongan CPNS Kementerian BUMN Tahun 2017

Rekrutmen.NET - Berikut kami akan berikan informasi penerimaan CPNS kementerian BUMN, Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (disingkat Kementerian BUMN RI) merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN). Kementerian BUMN Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor  101 Tahun 2017 tanggal 31 Agustus 2017 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian BUMN Tahun Anggaran 2017, membuka kesempatan  kepada  Warga  Negara  Indonesia  yang  berintegritas  dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian BUMN, dengan ketentuan sebagai berikut:


UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI PENEMPAT AN)
1. Sekretariat Kementerian BUMN (Sek)
2. Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi (Agro)
3. Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata (ELKP)
4. Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media (PISM)
5. Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP)
6. Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan (JKJSK)
7. Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha (RPU)
8. Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis (Infra)



KRITERIAPELAMAR
  • Kebutuhan dari masing-masing jabatan di peruntukan bagi pelamar dengan kriteria:
    • Cumlaude adalah pelamarlulusan terbaik(cumlaudel dengan pujian)dari Perguruan Tinggi terakreditasi A Unggul dan Program Studi terakreditasi AlUnggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaudelpujian pada ijasah atau transkrip nilai.
    • Disabilitas adalah pelamaryangmenyandangdisabilitas/berkebutuhankhususdengan kriteria mampu melakukantugasseperti menganalisa,mengetik,menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi.
    • Putralputri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria:
    • Menamatkan pendidikanSD,SMP/SLTP,danSMU/SLTA diwilayahPapua dan Papua Barat (yang dibuktikan dengan ijazah); atau
    • Berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua (yang dibuktikan dengan surataktakelahiranpelamar,fotokopiKTPayahkandung,dansurat keterangan hubungan keluarga dari kelurahanlkepala desa).
    • Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b,dan c di atas.
  • Pelamar sebagaimana angka1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman pada butir IV di bawah ini.
  • PERSYARATAN PELAMARAN
    1. Warga NegaraIndonesia yangbertakwakepadaTuhan Yang MahaEsa,setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    2. Tidak pemah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
    3. Tidak pemah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMNIBUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
    4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, PrajuritTNI, anggota POLRI, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
    5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
    6. Memiliki kualifikasi Pendidikan sesuai dengan persyaratanjabatan.
    7. Bagi wanita tidak bertato dan tidak bertindikl bekas tindik pada anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat. Bagi pria tidak bertato dan tidak bertindikl bekas tindik kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
    8. Sehat jasmani,rohanidanbebastato/tindiklbekastindikpadaanggotabadankecuali tindiklbekas tindik di telinga untuk wanita atau disebabkan oleh ketentuan agama atau adat (Surat keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajih dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus padapengumumankelulusanakhir).
    9. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat keteranganbebasnarkobalNAPZAdariRumahSakit Pemerintahsetempat yang masih berlaku wajihdilengkapi setelahpeserta dinyatakan luluspad a pengumuman kelulusan akhir).
    10. Pelamar merupakan lulusan Sarjana (Sl)dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) masing­ masing kriteria pelamar sebagai berikut:
      1. Pelamardengankategori cumlaude: IPK denganpujian dari PerguruanTinggi terakreditasi AlUnggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaudelpujian pada ijasah atau transkrip nilai.
      2. Pelamar dengan kategori putra/putri Papua dan Papua Barat : minimal 2,50 (dua koma lima puluh) dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 2,75 (dua koma tujuh lima) dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari skala 4. Akreditasi Perguruan Tinggi minimal B pada saat lulus.
      3. Pelamar dengan kategori disabilitas dan umum : minimal 3 (tiga) dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan minimal3,25 (tiga komadua lima) dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari skala 4. Akreditasi Perguruan Tinggi minimal B pada saat lulus.
    11. Bagi lulusan Perguruan Tinggi(PT) dari luarnegeri diharuskan melakukan penyetaraan ijazah dan konversiatasangkaIPKkeskala4(bila tidakmenggunakanskala 4)dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
    12. Pelamar dengan ijazah S2 dapat melamar pada kua1ifikasijabatan S 1 dengan menggunakan ijazahSl-nya,denganketentuansetelahpe1amar diangkatmenjadiPNSKementerian BUMN, ijazah S2 (bagi pelamar yang memiliki ijazah S2 pada kualifikasi S1) tidak akan diakui dalam proses kepegawaian di Kementerian BUMN.
    13. Memiliki nilai kemampuan bahasa inggris yang dibuktikan me1alui sertifikat dengan nilai minimal skor TOEIC (475)/ TOEFL Paper (450)/ TOEFL CBT (150)/ TOEFL IBT (53)/ IELTS (5) yang diterbitkan dari lembaga internasional/lembaga bahasa perguruan tinggi/lembaga pendidikan bahasainggris (sertifikat dari tes yang sesungguhnya maupun dengan prediction test dapat diterima), dengan ketentuan tanggal penerbitan sertifikat skor adalah setelah tanggal 31 Agustus2015. Pelamar dengan kategori putra/putri Papua dan Papua Barat dikecualikan dari pemenuhan persyaratan kemampuan Bahasa Inggris.
    14. Usia pada tanggal 1 September 2017 minimal 18 tahun dan maksimal 34 tahun 0 bulan 0 hari.

TATA CARA PENDAFTARAN
  • Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kementerian BUMN.
  • Pelamarhanyadapatmendaftar 1(satu)jenisjabatanyangsesuaidengankualifikasi pendidikan yang dimiliki.
  • Dokumen persyaratan terdiri dari:
    • Surat lamaran ditujukan kepada Menteri BUMN di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh di laman: https://sscn.bkn.go.id).
    • KartuTandaPenduduk(KTP)atauSuratKeterangantelahme1akukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)/dari instansi berwenang.
    • Ijazah dan transkrip nilai ijazah asli.
    • Khusus bagi pelamar dengan kriteria putra/putri Papua dan Papua Barat:
      • Ijazah SD, Ijazah SLTP dan Ijazah SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat; atau
      • Asli surat akta ke1ahiran pelamar, fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari ke1urahan/kepada desa yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli dari Papua/Papua Barat.
    • Sertifikatni1aiskorbahasa inggris,dikecualikanuntukpelamardengankriteria putra/putri Papua dan Papua Barat.
    • Surat pemyataan harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwama hitam (format surat pernyataan dapat diunduh dilaman: https://sscn.bkn.go.id).
    • Pas Photo berlatar belakang wama merah berukuran 3 x 4.
  • Pendaftarandanunggahdokumenpersyaratandilakukansecaraonlinemelaluilaman: https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau Nomor NIK Kepala Keluarga pada KTP Kepala Keluarga.
  • Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal ll September 2017 s.d. 25 September 2017 (ditutup pukul23.59WIB).

TAHAP AN SELEKSI
  • Seleksi Administrasi .
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT), terdiri dari:
    • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); 
    • Tes Intelegensi Umum (TIU); dan 
    • Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  • 3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), terdiri dari:
    • Tes Tertulis Bidang bobot 30%;
    • Psikotest bobot 20%; dan c. Wawancara bobot 50%.
  • Bobot hasil integrasi nilai SKD dan SKB yaitu 40% : 60%.


SISTEM KELULUSAN
  • Kelulusan seleksi adrninistrasi didasarkan pada hasil verifikasi dokumen yang telah diunggah dan kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan oleh panitia pada laman www.bumn.go.id. Bagi pelamaryang telahdinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian dari laman https://sscn.bkn.go.id.
  • Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passinggrade yang
  • diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
  • Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) dansecara peringkattidakmelebihi3(tiga) kalialokasiformasi pada masing-masing jabatan.
  • Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasilintegrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang oleh PANSELNAS.

Pengumuman resmi dapat anda lihat disini. CPNS Kementerian BUMN
Rekrutmen CPNS tidak di pungut biaya sama sekali, bersih dan transparan.
Perhatian: Kami tidak pernah meminta biaya dalam bentuk apapun, Rekrutmen Lowongan Kerja Tidak dikenakan Biaya Apapun! GRATIS!

Comments
Harapan Kami
Semoga Kamu Cepat dapat Pekerjaan ya
Amin