disqus_br4Q3SXI4Q
830421723681096





Loading...

Lowongan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat



Rekrutmen.NET Lowongan Kerja CPNS - Sebelum anda melamar CPNS, ada baiknya anda mempelajari persyaratan, formasi dan lainnya, hal ini sangat berguna agar anda tidak salah memilih, banyak instansi/lembaga yang membuka penerimaan CPNS, jadi pilihlah yang sesuai dengan kualifikasi kalian, jika telah memahami segala ketentuan/persyaratan, maka silakan melakukan pendaftaran _online_ melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN sesuai dengan jadwal yang ditetapkan masing-masing instansi. Berikut ini informasi lowongan CPNS berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (disingkat Kemenpupera RI) merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Dahulu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bernama "Departemen Permukiman dan Pengembangan Wilayah" (1999-2000) dan "Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah" (2000-2004).  saat ini Kemenpupera RI membuka penerimaan CPNS tahun 2017, berikut informasi formasi, persyaratan dan pendaftarannya :



Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik  Indonesia  Nomor 51 Tahun 2017 Tanggal  31 Agustus  2017 tentang  Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negar   di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2017, maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia lulusan Pasca Sarjana (S.2) dan Sarjana (S.1)/Oiploma  Empat (0.4),  serta  Diploma Tiga (0.3),  baik pria maupun wanita, untuk mengikuti seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian  Pekerjaan  Umum dan Perumahan Rakyat yang akan ditempatkan di Unit-unit kerja yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan rineian sebagai berikut :



a. Kualifikasi Pendidikan dan Jumlah Formasi adalah :
1) S.2           : 26 orang
2) S.1/0.4     : 875 orang
3) D.3           : 99 orang

b. Periode  pendaftaran  dibuka  tanggal  11 September   s.d.  25  September   2017  secara
online melalui website:
1)  https://sscn.bkn.go.id, untuk mendapatkan akun pendaftaran secara nasional; dan
2)  https://cpns.pu.go.id, untuk  melakukan   pendaftaran   Seleksi   Pengadaan   CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

e. Formasi  jabatan,  kualifikasi  pendidikan,  persyaratan  umum,  persyaratan  khusus,  dan keterangan lainnya dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini.

d. Seluruh proses seleksi pengadaan CPNS tidak  dipungut biaya.




Setiap jabatan akan diisi oleh pelamar yang terbagi dalam beberapa kategori :

a.  Cumlaude   adalah   Pelamar   lulusan  terbaik   (cumlaude/dengan   pujian)   dari Perguruan Tinggi yang memiliki akreditasi institusi peringkat A dan akreditasi Program Studi peringkat A pada saat lulus berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
b.  Penyandang   Oisabilitas   adalah   Pelamar   dengan   disabilitas/berkebutuhan khusus    dengan  kriteria  mampu  melakukan  tuqas   seperti  menganalisa, membaca, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi.
c. Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah Pelamar yang menamatkan pendidikan SD,SMP/SLTP, dan SMU/SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat atau berdasarkan garis keturunan orang tua (Bapak) asli Papua/Papua Barat.
d.  Umum adalah Pelamar yang tidak termasuk kategori sebagaimana dimaksud pada poin a, b dan c di atas.
2.  Pelamar sebagaimana dimaksud dalam angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan yang diatur dalam pengumuman ini.


II. PERSYARAT AN

  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, setia dan taat kepada Pancasila, UUO 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Usia Pelamar pada tanggal 1 Oesember 2017 sebagai berikut :
    • Berusia maksimum 32 tahun untuk pelamar formasi jenjang pendidikan S.2.
    • Berusia maksimum 30 tahun untuk pelamar formasi jenjang pendidikan S.1/0.4 
    • Berusia maksimum 25 tahun untuk pelamar formasi jenjang pendidikan 0.3.
    • Khusus bagi Pelamar yang telah aktif bekerja sebagai Pegawai Non PNS di Kementerian    Pekerjaan  Umum  dan  Perumahan  Rakyat  diatur  sebagai berikut:
      • Berusia tidak  lebih  dari  35 tahun  pada tanggal  1  Desember 2017    untuk pelamar jenjang pendidikan S.2/S.1/0.4.
      • Berusia maksimum 30 tahun pada tanggal 1 Oesember untuk pelamar jenjang pendidikan 0.3.
  • Berkelakuan baik dan tidak  pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan   pengadilan   yang   sudah   mempunyai   kekuatan   hukum   tetap   karena melakukan  tindak   pidana  dengan   pidana  penjara  2   (dua)  tahun   atau  lebih (Dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian pada saat dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir Seleksi Pengadaan CPNS).
  • Bebas obt terlarang  dan  Zat Adiktif  lainnya  dan tidak pernah terlibat  tindak  pidana terkait  penyebaran  obt terlarang dan Zat Adiktif lainnya   (Dibuktikan    dengan   Surat   Keterangan   Bebas   NAPZA  dari Rumah   SakitiDokter    Pemerintah   setempat   yang   masih   berlaku   pada   saat dinyatakan   lulus   pada   Pengumuman   Kelulusan   Akhir   Se/eksi   Pengadaan CPNS).
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan  hormat  sebagai  PNS,  prajurit TNI,  anggota  Kepolisian  Negara  Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  • Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi pemerintah/swasta lain.
  • Memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dengan ketentuan sebagai berikut :
  • a. Memiliki Ijazah :
    • Pasca  Sarjana  (S.2) dengan  latar  belakang  kualifikasi  pendidikan  Sarjana (S.1)1  Diploma Empat (D.4) bidang teknik yang memiliki kaitan dengan bidang pendidikan  Pasca  Sarjana  (S.2),  dari  Perguruan Tinggi  yang  terakreditasi minimal peringkat B untuk Program Studi pada saat lulus, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
    • Berijazah Sarjana (S.1), Diploma Empat (D.4),  atau Diploma Tiga (D.3) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi minimal peringkat B untuk Program Studi pada saat luius, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
    •  Bagi lulusan dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus telah mendapat Penyetaraan Ijazah luar Negeri dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
    • Khusus    bagi   Pelamar   alokasi   formasi    Cum laude   berlaku   ketentuan akreditasi sesuai ketentuan pada butir 1.1.a.
    • Apabila akreditasi pada saat lulus tidak tercantum dalam ijazah atau transkrip nilai dan juga tidak terdapat dalam direktori hasil akreditasi Perguruan Tinggi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada website https:llbanpt.or id maka dibuktikan dengan surat keterangan akreditasi yang serendah-rendahnya ditandatangani oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik atau Pejabat lainnya yang dipersamakan (Oisampaikan  pada  saat Pelamar mengikuti  Se/eksi Kompetensi  Bidang).
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) :
    • Minimal  3,25  pada  skala  4,0  untuk  Pelamar  lulusan  Pasca  Sarjana  (S.2) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada saat lulus Sarjana (S.1) IDiploma Empat (0.4)  sesuai  ketentuan persyaratan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk lulusan Sarjana (S.1)/Diploma Empat (0.4).
    • Minimal 2,75  pada skala 4,0  untuk Pelamar lulusan Sarjana  (S.1)/Diploma Empat (D.4)/Oiploma Tiga (D.3).
  • Khusus  bagi  Pel mar alokasi  formasi  Cum laude  berlaku ketentuan lulus dari Perguruan Tinggi dengan predikat Cumlaude yang dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude pada ijazah atau transkrip nilai.
  • Pada  saat  mendafiar,  seluruh  pelamar wajib  telah  memiliki  ijazah  Perguruan Tinggi (5urat  Keterangan  Lulus tidak berlaku).
  • Memiliki  kemampuan/menguasai    bahasa  Inggris  dengan  baik    yang  dibuktikan dengan  hasil  tes  kemampuan  bahasa  Inggris  yang  sekurang-kurangnya  masih berlaku  sampai  dengan  bulan  5eptember  2017, dengan ketentuan hasil tes yang diakui/diperbolehkan untuk dilampirkan sebagai berikut :
    • TOEFLITOEFL  Prediction dari  UPT Balai Diklat Bahasa Lembaga Administrasi Negara,  Lembaga  Bahasa  Perguruan  Tinggi  Negeri/UPT  Bahasa  Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Bahasa milik Instansi Pemerintah Lainnya dengan nilai  minimal  500 bagi Pelamar 5.2; 450 bagi Pelamar 5.1/0.4;  dan 425 bagi Pelamar 0.3, atau
    • TOEFL®IBT   (Internet-Based  TOEFL)  yang  diterbitkan  oleh  The   Indonesian
    • International Education Foundation (liEF) dengan nilai  minimal  65 bagi Pelamar 5.2; 53 bagi Pelamar S.1/0.4;  dan 41 bagi Pelamar d.3, atau
    • IELTS dengan nilai minimal  6 bagi Pelamar 5.2; 5 bagi Pelamar 5.1/0.4;  dan 4 bagi Pelamar d.3.
  • Mampu mengoperasikan komputer minimal program office dan internet (browsing dan surat elektronik).
  • Sehat  jasmani   dan   rohani  sesuai  dengan   persyaratan  jabatan   yang  dilamar (Dibuktikan   dengan  Surat  Keterangan  Sehat  dari  Rumah  SakitiDokter Pemerintah setempat yang masih berlaku pada saat dinyatakan lulus pada Pengumuman  Kelulusan  Akhir  Se/eksi Pengadaan CPNS).
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • bersedia     menjalani     ikatan    dinas    selama     5   tahun    terhitung     mulai    tanggal pengangkatan    sebagai   CPNS   di  Kementerian    Pekerjaan   Umum   dan   Perumahan Rakyat.
  • Khusus     bagi    Pelamar    Formasi     Putra/Putri     Papua    dan    Papua    Barat    wajib membuktikan     dengan   :
    • Salinan  ijazah  SD,SMP/SLTP,    dan  SMU/SLTA   yang  berlokasi   di wilayah   Papua dan Papua  Barat, atau
    • Salinan     Akta     Kelahiran,     KTP    Sapak    dan    Surat     Keterangan     Asli    dari Kelurahan/Kepala    Desa yang menyatakan  Pelamar  memiliki  garis  keturunan  orang tua (Bapak)  asli Papua/Papua   Sarat (Surat  Keterangan  Hubungan  Keluarga).
  • Khusus   bagi  Pelamar   yang  telah  aktif  bekerja   di  Kementerian    Pekerjaan   Umum dan   Perumahan     Rakyat   sebagai    Pegawai    Non   PNS  sampai    dengan    saat   ini dibuktikan   dengan   salinan   Surat   Keputusan   Pengangkatan/Surat     Perjanjian   Kerja sebagai  Non PNS Tahun  2017 yang telah dilegalisasi  oleh atasan  langsungnya.

TATA  CARA  PENDAFTARAN

  • Pendaftaran/Registrasi dilaksanakan   secara  online.
  • Pada saat  melakukan  pendaftaran online, pelamar  hanya diperbolehkan  memilih 1 (satu) lowongan jabatan pada 1 (satu) kategori formasi.
  • Pelamar harap membaca dan mengikuti ketentuan pendaftaran online dengan baik dan teliti serta menyiapkan terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mulai mengisi formulir pendaftaran online.
  • Pelamar melakukan registrasi pada portal nasional Pengadaan PNS dengan alamat website https://sscn.bkn.go.id untuk mendapatkan kode akses pendaftaran.
  • Dalam melakukan pendaftaran pada portal nasional, Pelamar menggunakan Nomor Induk    Kependudukan   (NIK),   Nomor   Kartu   Keluarga   (NKK),   Nomor   Induk Kependudukan (NIK) Kepala Keluarga yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) serta alamat email yang aktif.
  • Setelah mencetak kartu informasi akun SSCN 2017, pelamar melakukan login ke portal SSCN denganIK dan Password yang telah didaftarkan. Dalam portal SSCN, pelamar melengkapi biodata dan memilih Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai pilihan instansi.
  • Pelamar melakukan pendaftaran pada portal Pengadaan PNS Kementerian PUPR dengan alamat website https://cpns.pu.go.id.
  • Pelarnar   wajib   rnengisi   formulirpendaftaranonline  dan   rnengunggah(upload) dokumen   pendukung   berupa  data digital  dengan  format  jpg/jpeg,   ukuran  maks. 70 Kb untuk  Pas foto  berwarna  dan hasil scan dengan  format jpg/jpeg,   ukuran maks. 500 Kb untuk  :
    • Ijazah  asli sesuai  jenjang  pendidikan  yang  dipersyaratkan   dalarn forrnasi  jabatan yang  dilarnar.   Khusus   bagi  Pelarnar   forrnasi   S.2  perlu  dilengkapiIjazah  asli jenjang  Sarjana  (S.1 )/diplorna  Empat  (d.4).
    • transkrip   nilai  asli  sesuai   ijazah  pada  poin  a  di  atas.   Khusus   bagi  Pelarnar forrnasi   S.2  perlu  dilengkapi   transkrip   nilai  asli  jenjang   Sarjana   (S.1 )lDiploma Empat  (d.4).
    • Sertifikat  tes kernarnpuan  Bahasa  Inggris Asli sesuai  butir 11.10.
    • Kartu Tanda  Penduduk  Asli, 
    • Kartu  Keluarga  Asli.
    • Surat  Pernyataan   Asli  yang  telah  ditandatangani   di  atas  rnaterai  sebagaimana larnpiran-1   (Surat  Pernyataan  Asli  akan  diminta  o/eh  Panitia  Se/eksi  pada saat Pelamar mengikuti  Seleksi Kompetensi  Bidang (SKB)).
    • Bagi  Pelamar  formasi   Putra/Putri   Papua  dan  Papua  8arat,  mengunggah (upload)  hasil scan dokumen  lainnya, yaitu  :
      • Ijazah asli SD,SMP/SLTP,   dan SMU/SLTA,  atau
      • Akta  Kelahiran  Kelahiran  Asli, dan
      • Kartu Tanda  Penduduk  Asli Bapak, dan
      • Surat  Keterangan  Asli dari Lurah/Kepala   Oesa yang  rnenyatakan  memiliki garis  keturunan  orang tua (Bapak)  asli Papua/Papua   Barat.
  • Bagi  Pegawai Non PNS, mengunggah  (upload)  hasil scan dokumen  lainnya, yaitu  Surat  Keputusan/SuratPerjanjian  Kerja tahun  2017  yang  telah  dilegalisasi oleh atasan  langsungnya.
  • Apabila  terdapat  data ganda  peserta,  rnaka akan digunakan  data yang terakhir.


Rekrutmen CPNS tidak di pungut biaya apapun, Selamat mencoba dan semoga anda lulus tahun ini.
Pengumuman resmi dapat anda lihat disini.
* Dapatkan panduan lulus seleksi kerja disini : Latihan Kerja


Silakan Masukkan Email anda, Setelah itu Periksa Konfirmasi di Email anda


, , ,
S1 8046454042578470375

Posting Komentar

Silakan bertanya, gunakan kalimat yang jelas dan sopan.
Terima Kasih

emo-but-icon

Beranda item

Arsip Blog

Silakan Tekan G+ Kami Sekarang

Follow Me

Rekrutmen