Rabu, 19 September 2018

Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS Tahun 2018

Setiap pencari kerja harus dibekali dengan keahlian, pengetahuan, pendidian dan pengalaman kerja, hal ini tentu akan memberi nilai plus di mata HRD. hal itu menjadi sangat penting dan semuanya bisa didapat dengan di asah jika terus berlatih. pencari kerja juga harus punya jiwa kepemimpinan dan kemampuan dalam beradaptasi maka akan saling berkaitan dalam mengasah ketrampilan sehingga berkembang di karier. Perlu anda tahu bahwa HRD mencari pelamar kerja yang selalu ingin mengembangkan kemampuan dirinya agar bisnis perusahaan juga ikut berkembang. Anda juga harus mengusahakan agar resume dan kemampuan yang anda punya dapat menarik minat HRD perusahaan, paling setidaknya dipanggil untuk wawancara kerja. Jika kalian menguasai kemampuan yang pasti dicari oleh HRD perusahaan di bidang industri manapun, pastila anda akan selangkah lebih dekat ke karier yang lebih baik.Berikut kami akan menyajikan info Lowongan Kerja CPNS, Bagi kalian yang bingung cara pendaftaran CPNS tahun 2018, tidak perlu kuatir! berikut ini adalah tata cara bagaimana melakukan pendaftaran CPNS 2018 dengan baik dan benar, silakan di cermati jangan sampai ada yang kelewatan agar data anda benar saat pengisian data. Berikut langkah langkahnya :

Formasi Penerimaan CPNS Kemenag Tahun 2018


Rekrutmen.NET - Seiring waktu dapat pekerjaan akan terasa sulit bagi sebagian pencari kerja. Kita tau dari jumlah lapangan pekerjaan yang lebih sedikit dari para pencari pekerjaan itu sendiri. inilah yang menjadi satu penyebab di Indonesia banyak yang menjadi pengangguran. Hanya pencari kerja yang cerdas dan beruntunglah yang lebih berpeluang mendapatkan pekerjaan untuk saat ini. kalau anda ingin mendapatkan pekerjaan lebih cepat, anda jangan mudah menyerah, tetap berusaha dan jangan bermalas-malasan. bila belum diterima kerja bukan berarti belum rezeki, karena masih banyak pekerjaan yang lebih baik tersedia ika mau berusaha. tetap berdoa juga berusaha, berikut ini ada hal penting yang harus anda perhatikan dalam mencari pekerjaan, pertama, Agar Cepat Diterima Perbaiki Surat lamaran CV Anda, kedua, Tetap Berusaha dan Belajar Saat Menganggur, ketiga, menguasai Teknik Wawancara Kerja dan terakhir sebelum bekerja Tetap Berolah Raga Dan Jaga Kesehatan. Demikian tips singkat dari kami, semoga bermanfaat. Sesuai jadwal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB), seleksi penerimaan CPNS seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) akan dimulai hari ini, Rabu (19/09), termasuk Kementerian Agama.

Menurut Kepala Biro Kepegawaian Kemenag Ahmadi, pada tahun ini Kemenag akan  menerima 17.175 CPNS, untuk ditempatkan di seluruh satuan kerja Kemenag se-Indonesia. Adapun persyaratan penerimaan CPNS, mengikuti syarat yang ditetapkan pada Sistem Seleksi CPNS Nasional. Untuk mengikuti seleksi,  calon pelamar dapat mengakses https://sscn.bkn.go.id, yang mulai dapat diakses sejak 19 September 2018, pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kemenag Nurkholis Setiawan menyatakan Kementerian Agama mendapat formasi 17.175 CPNS. Formasi yang ditetapkan bagi Kemenag ini adalah jumlah terbesar di antara 76 Kementerian/Lembaga di Indonesia yang melaksanakan rekrutmen CPNS Tahun 2018.

“Jumlah ini sesuai dengan Keputusan Menpan RB Nomor 49 tahun 2018 perihal formasi pegawai kementerian agama tahun anggaran 2018,” kata Nurkholis, Senin (12/09) lalu.

Adapun jumlah alokasi terbesar formasi CPNS diperuntukkan bagi guru dan dosen. Menurut Nurkholis, berdasarkan Kemenpan RB Nomor 49 Tahun 2018, tersedia 10.520 formasi bagi guru pelamar umum, 1.480 formasi bagi guru honorer eks KII, dan 4.485 formasi dosen.

“Selebihnya, terdapat lowongan untuk penghulu, penyuluh, jabatan fungsional tertentu (JFT), dan jabatan fungsional umum (JFU),” imbuhnya. sumber : https://kemenag.go.id/berita/read/508772/dibuka-hari-ini--berikut-formasi-cpns-kemenag-tahun-2018

Penerimaan CPNS Kemenko Polhukam Tahun 2018

Rekrutmen.NET - Halo pencari kerja Indonesia, apakah sudah melamar dan mendapatkan panggilan kerja? bagi yang sudah mendapatkan panggilan, selamat, dan bagi yang belum tetap bersabar dan berusaha. kalian harus mempersiapkan diri agar dapat bersaing di dunia kerja, anda bukan melamar seorang wanita yang hanya anda menjadi kandidatnya, anda akan bersaing dengan ribuan pencari kerja dengan masing-masing kemampuan dan latar belakang pendidikan. anda perlu usaha maksimal agar anda dapat di terima kerja di perusahaan, perusahaan hanya meneriman pelamar yang sudah siap bekerja! teruslah berjuang kawan-kawan. berikut ini kami akan berikan informasi lowongan dari
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan disingkat Menkopolhukam adalah seorang menteri yang memimpin Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dan membawahi menteri-menteri bidang politik, hukum, dan keamanan. Jabatan ini dibentuk pada masa pemerintahan Presiden Soeharto tepatnya pada Kabinet Pembangunan III yang awalnya bernama Menteri Koordinator Bidang Politik, dan Keamanan disingkat Menkopolkam,  berikut ini Penerimaan CPNS Kemenko Polhukam Tahun 2018.






Pendaftaran :
  • Pendaftaran melalui situs https://sscn.bkn.go.id/
  • Periode pendaftaaran 19 september 2018- 3 oktober 2018.

Penerimaan CPNS ESDM Tahun 2018

Mengacu Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik lndonesia Nomor 45 Tahun 2018 tanggal 29 Agustus 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun Anggaran 2018, diumumkan bahwa Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan kesempatan kepada Warga Negara lndonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan ditugaskan di unit Kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL TAHUN ANGGARAN 2018






















 Sumber : http://cpns.esdm.go.id/files/pendaftaran/Pengumuman%20CPNS%20KESDM%202018.pdf

Rekrutmen CPNS tidak dipungut biaya apapun.

Penerimaan CPNS BPK RI Tahun 2018

Rekrutmen.NET - Lowongan Kerja Terbaru - Pengalaman kerja adalah salah satu modal saat mencari pekerjaan. tidak semua pencari kerja memiliki pengalaman kerja, apalagi lulusan baru, tidak perlu kuatir, ada tips bagi kalian yang belum puna pengalaman kerja, yaitu carilah informasi lowongan pekerjaan sebanyak mungkin. dan lihat posisi pekerjaan untuk lulusan bari, anda juga bisa mengikuti pelatihan yang disediakan oleh perusahaan tersebut, Perlu anda ketahui bahwa bisa saja mereka yang mempunyai pengalaman kerja belum pasti mereka mereka juga cepat dapat kerja. semua tergantung usaha masing-masing, dalam kondisi ini anda tidak perlu memilih-milih pekerjaan tapi pilihlah sesuai dengan kualifikasi anda. Anda dapat mengambil pekerjaan dan menjalaninya selama beberapa bulan, dan setelah rentang waktu tertentu, anda setidaknya memiliki beberapa pengalaman kerja yang lebih baik, anda tentu akan lebih baik dari sebelumnya, pengalaman kerja membentuk kepribadian anda untuk menjadi baik lagi. anda jangan hanya fokus pada gaji atau pendapatan dulu, anda bekerja maksimal maka promosi dan pendapatan akan mengikuti sesuai hasil. ada beberapa perusahaan yang akan memberikan anda fasilitas management trainee atau magang. Magang adalah sesuatu yang mudah dicapai jika anda memiliki gelar sarjana. Jangan menolak tawaran hanya karena mereka tidak membayar anda atau karena mereka tidak cukup memberi anda, tapi carilah pengalaman yang baik untuk perkembangan diri dan karir anda, uang akan datang sejalan hasil yang anda dapat. berikut iniinformasi penerimaan cpns BPK, Badan Pemeriksa Keuangan kembali membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan dengan ketentuan sebagai berikut:

Unit Kerja Alokasi Penempatan :
  • Biro Sumber Daya Manusia
  • BPK Perwakilan Provinsi Aceh
  • BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu
  • BPK Perwakilan Provinsi Bali
  • BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo
  • BPK Perwakilan Provinsi Jambi
  • BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat
  • BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan
  • BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah
  • BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur
  • BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara
  • BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau
  • BPK Perwakilan Provinsi Lampung
  • BPK Perwakilan Provinsi Maluku
  • BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara
  • BPK Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat
  • BPK Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • BPK Perwakilan Provinsi Papua
  • BPK Perwakilan Provinsi Papua Barat
  • BPK Perwakilan Provinsi Riau
  • BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat
  • BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah
  • BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara
  • BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara
  • BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat
  • BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan
  • BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara
Rencana penempatan berdasarkan jabatan, kualifikasi pendidikan dan jenis formasi secara detail dapat diakses di laman https://cpns.bpk.go.id
Formasi Jabatan CPNS BPK 2018, antara lain :
  1. Assessor SDM Aparatur Ahli Pertama
  2. Pemeriksa Ahli Pertama
  3. Pengelola Kepegawaian
  4. Juru Informasi dan Komunikasi
  5. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor
  6. Pengelola Teknologi Informasi
  7. Pranata Kearsipan
Jumlah total : 502
Persyaratan Pelamar CPNS BPK :
  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih
  • Calon pelamar merupakan lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Program Studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT)
  • Calon pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
  • Calon Pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri untuk formasi cumlaude dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
  • Persyaratan Akademis (dalam skala 4) kecuali untuk pelamar Cumlaude:
    • Lulusan Perguruan Tinggi sesuai jurusan dalam formasi yang telah terakreditasi BAN-PT dengan kategori C, IPK minimal 3,5 (tiga koma lima)
    • Lulusan Perguruan Tinggi sesuai jurusan dalam formasi yang telah terakreditasi BAN-PT dengan kategori B, IPK minimal 3,25 (tiga koma dua lima)
    • Lulusan Perguruan Tinggi sesuai jurusan dalam formasi yang telah terakreditasi BAN-PT dengan kategori A, IPK minimal 2,80 (tiga koma delapan nol)
  • Sarjana Strata Satu (S-1), berusia minimal 19 (sembilan belas) tahun dan maksimal 30 (tiga puluh) tahun 0 (nol) bulan 0 (nol) hari pada saat mendaftar di https://sscn.bkn.go.id
  • Diploma Tiga (D-III), berusia minimal 19 (sembilan belas) tahun dan maksimal 25 (dua puluh lima) tahun 0 (nol) bulan 0 (nol) hari pada saat mendaftar di https://sscn.bkn.go.id
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil, Calon/Anggota TNI, Calon/Anggota Kepolisian pada saat diangkat sebagai CPNS pada Pelaksana BPK
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil / ANggota Tentara Nasional Indonesia / Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  • Sehat jasmani, rohani serta tidak mengkonsumsi / menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zak adiktif lainnya (NAPZA). Surat Keterangan Bebas Narkota / NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat disampaikan pada saat pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus semua tahapan seleksi.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Persyaratan khusus Disabilitas :
    • Wajib melampirkan surat keterangan Dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya
    • Melakukan verifikasi persyaratan pendaftaran untuk memastikan kesesuaian formasi dengan tingkat / jenis disabilitas yang disandang pada saat pengesahan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
    • Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun 0 (nol) bukan 0 (nol) hari pada saat mendaftar di https://sscn.bkn.go.id
  • Untuk jabatan Pengelola Kepegawaian, Juru Informasi dan Komunikasi, Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor, Pengelola Teknologi Informasi, dan Pranata Kearsipan dengan tingkat pendidikan Diploma III (D-III) adalah diutamakan bagi pelamar dari provinsi yang sama dengan penempatan jabatan tersebut sesuai formasi yang ada.
  • Untuk formasi Jabatan Pemeriksa Ahli Pertama dengan kualifikasi pendidikan S1 Sastra diutamakan sastra terkait dengan bahasa resmi yang digunakan dalam The International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) yaitu : Jerman, Perancis, Arab, Inggris, Rusia, dan Spanyol.
  • Persyaratan secara detail dapat diakses di laman sscn.bkn.go.id atau website resmi BPK https://cpns.bpk.go.id
Sumber informasi formasi bisa dilihat disini : https://cpns.bpk.go.id/file/2018/pengumuman-cpns-bpk-dan-sk-menpan.pdf  

Proses pendaftaran dan unggah dokumen dilakukan secara online melalui laman portal nasional di laman : https://sscn.bkn.go.id/

Penerimaan CPNS Badan POM Tahun Anggaran 2018

Rekrutmen.NET - Jika nada diantara kalian yang memiliki passion yang kuat ingin menjadi seorang wirausahawan, maka harus memiliki kehalian dan modal yang cukup. Tapi sebagai pelaku bisnis, anda wajib memastikan produk dan jasa yang ditawarkan agar bisa bersaing di antara kompetitor yang menawarkan hal yang sama. Selain itu, masalah timing yang tepat juga perlu menjadi pertimbangan. dari pengakuanmu sendiri, kalau anda sudah dapat mengidentifikasi sejumlah potensi masalah seperti kurang modal dan ilmu. Tidak ada salahnya kamu mencoba mencari pengalaman dan pelajaran dengan bekerja di beberapa perusahaan terlebih dulu. tapi harus perusahaan yang beroperasi padalini bisnis yang ingin kamu masuki nanti agar kamu bisa belajar langsung mekanisme dari dalam, bebas risiko di perusahaan tersebut, Kalau pun nanti kamu tidak menjalani jalur bisnis tersebut, setidaknya kamu sudah mendapat tambahan koneksi, modal, dan pengalaman yang akan memperkaya perjalanan kamu nanti. Berikut ini kami akan memberikan informasi lowongan kerja non cpns dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat Badan POM. Badan POM merupakan suatu lembaga yang ada di Indonesia yang memiliki tugas dalam mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Fungsi dan tugas badan ini menyerupai fungsi dan tugas Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat.





Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN) merupakan unit yang bertanggung jawab terhadap hasil pengujian dalam rangka pengawasan produk Obat dan Makanan yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pengujian sampel obat dan makanan dalam rangka pengawasan juga dilakukan oleh seluruh Balai Besar/Balai POM (BB/BPOM) berdasarkan Pedoman Prioritas Sampling. Penyusunan Pedoman Prioritas Sampling dilakukan oleh Tim yang terdiri dari staf PPOMN, Kedeputian I, II dan III, Biro Perencanaan dan Keuangan, serta staf BB/BPOM. Pedoman Prioritas Sampling berisi jenis sample yang harus dilakukan sampling surveilen dan “compliance” oleh BB/BBPOM kemudian dilakukan pengujian. pedoman tersebut ditetapkan berdasarkan kajian risiko manfaat dan keamanan terhadap produk beredar.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 85 Tahun 2018 perihal Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun 2018, Badan POM membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil untuk mengisi lowongan formasi Badan POM Tahun Anggaran 2018.

POSISI JABATAN:

  1. Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Pertama
  2. Auditor Ahli Pertama
  3. Analis Anggaran Ahli Pertama
  4. Verifikator Keuangan
  5. Analis Kebijakan Ahli Pertama
  6. Perencana Ahli Pertama
  7. Analis Kelembagaan
  8. Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Pertama
  9. Arsiparis Terampil/Pelaksana
  10. Arsiparis Ahli Pertama
  11. Pengelola BMN
  12. Analis Pengelola BMN
  13. Analis Data dan Informasi
  14. Auditor Kepegawaian Ahli Pertama
  15. Psikolog Klinis Ahli Pertama
  16. Analis Kepegawaian Ahli Pertama
  17. Analis Kepegawaian Terampil/Pelaksana
  18. Pranata Komputer Ahli Pertama
  19. Pranata Komputer Terampil/Pelaksana
  20. Pranata Humas Ahli Pertama
  21. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama
  22. Widyaiswara Ahli Pertama
  23. Pustakawan Terampil/Pelaksana
  24. Pustakawan Ahli Pertama
  25. Assessor SDM Aparatur Ahli Pertama


Persyaratan Umum :
  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS maupun anggota TNI, POLRI
  • Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap
  • Berkelakuan baik dan sehat jasmani maupun rohani
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  • Tidak sedang dalam status belajar
  • Tidak akan menuntut penyesuaian ijazah apabila memiliki ijazah yang lebih tinggi yang diperoleh sebelum diangkat menjadi ASN Badan POM
  • Persyaratan khusus dapat dilihat pada laman sumber di bawah.

Informasin pendaftaran dan lainnya silakan anda lihat melalui sumbernya disini.

Penting, Cermati Syarat dan Formasi Jabatan CPNS Tahun 2018

Hari ini SSCN Siap Diakses, Pelamar Dipersilakan Cermati Syarat dan Formasi Jabatan CPNS yang Dapat Dilamar, Portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) (SSCN) yang memfasilitasi pendaftaran seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018, pada 19 September 2018 dapat diakses publik. Dalam awal pembukaan portal SSCN ini, pelamar dipersilakan mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di laman SSCN. Sementara jadwal waktu pendaftaran akan segera disampaikan kepada publik setelah BKN menerima data formasi lengkap dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang membuka rekrutmen CPNS.

Sebagai informasi pada rekrutmen CPNS TA 2018 ini, selain membuka lowongan untuk formasi umum, Pemerintah juga membuka jalur formasi khusus bagi pelamar. Dikutip dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 36  Tahun 2018 Tentang Kriteria  Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, terdapat sebanyak 6 (enam) jalur khusus.

Keenam jalur formasi khusus tersebut, terdiri dari:
1) Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude);
2) Penyandang Disabilitas;
3) Putra/Putri Papua dan Papua Barat;
4) Diaspora;
5) Olahragawan Berprestasi Internasional; dan
6) Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II yang memenuhi persyaratan. Selain memiliki ketentuan memenuhi 9 (Sembilan) syarat dasar untuk melamar CPNS sebagaimana telah disampaikan dalam siaran pers sebelumnya, pelamar yang berminat melamar formasi khusus iini  harus memenuhi sejumlah beberapa syarat. Baca juga Passing Grade CPNS 2018

Ketentuan  dan  persyaratan  untuk  dapat  melamar  CPNS  melalui  jalur  (formasi)

khusus  tersebut  secara  rinci  dijabarkan  sebagai  berikut:  Pertama,  Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) dari Perguruan Tinggi Dalam atau Luar Negeri, dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Formasi Lulusan Terbaik  Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) dikhususkan bagi putra/putri lulusan minimal jenjang pendidikan Strata  1  (S1); 
  • Calon pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat dengan pujian (cumlaude) dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan; 
  • dan Calon pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan  surat keterangan  yang  menyatakan predikat kelulusannya setara   dengan angka 4) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pada Instansi Pusat, kebutuhan formasi jalur khusus ini akan dialokasikan paling sedikit 10 (sepuluh) persen dari total alokasi formasi yang ditetapkan.  Sedangkan  pada  instansi  Daerah  instansi  daerah  akan  dialokasikan paling banyak 5 (lima) persen dari total alokasi formasi yang ditetapkan.


Jalur formasi khusus kedua, Penyandang Disabilitas, dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Calon pelamar dari penyandang disabilitas wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya. Jumlah jabatan yang disediakan untuk para pelamar melalui jalur formasi khusus penyandang disabilitas ini, pada instansi Pusat paling sedikit 2 (dua) persen dari total formasi dengan jabatan disesuaikan dengan kebutuhan pada masing-masing instansi. 

Sedangkan pada instansi Daerah, jumlah jabatan bagi para penyandang disabilitas ini paling sedikit 1 (satu) persen dari total formasi disesuaikan dengan kebutuhan pada masing-masing instansi.

Ketiga, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, dengan ketentuan sebagai berikut:
Calon pelamar harus merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu) asli Papua, dibuktikan dengan akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat  dengan  surat  keterangan  dari  Kepala  Desa/Kepala  Suku. 

Keempat, Diaspora dengan ketentuan sebagai berikut: Diperuntukkan bagi WNI yang menetap di luar Indonesia dan memiliki Paspor Indonesia yang masih berlaku serta bekerja sebagai tenaga profesional di bidangnya yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari tempat yang bersangkutan bekerja minimal selama 2 (dua) tahun; Memiliki surat keterangan bebas dari permasalahan hukum yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri; Kebutuhan (formasi) jabatan Peneliti, Dosen, dan Perekayasa dengan pendidikan sekurang-kurangnya Strata 2 (S2) dan khusus untuk Perekayasa dapat dilamar dari lulusan Strata 1 (S1); Pelamar memenuhi persyaratan usia setinggi- tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun saat pelamaran dan setinggi-tingginya 40 (empat puluh) tahun bagi pelamar yang memiliki kualifikasi Pendidikan S3 saat pelamaran; Pelamar tidak sedang menempuh post doctoral yang dibiayai oleh Pemerintah; dan Tidak terafiliasi pada ideology yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.


Jalur formasi khusus kelima, Olahragawan/Olahragawati Berprestasi Internasional. Pelamar dengan jalur ini harus memiliki prestasi nyata dengan medali, di tingkat internasional, untuk penyelenggaraan pekan olahraga yang meliputi:  Minimal medali perunggu pada Olimpic dan atau Paralympic Games tahun 2016 dan atau Kejuaraan Dunia tahun 2016 yang diakui oleh federasinya; Minimal medali perak pada Asian Games dan atau Asian Para Games tahun 2014 dan atau Kejuaran Asia tahun 2014 yang diakui oleh federasinya; 3. Minimal medali emas pada Sea Games dan atau Asean Para Games tahun 2015 dan atau tahun 2017 dan atau Asia Tenggara tahun
2017  yang  diakui  setingkat  oleh  federasinya  yang  dibuktikan  dengan piagam/sertifikat dan surat keterangan atas prestasinya yang dikeluarkan oleh lembaga/induk   organisasi   cabang   olahraga   yang   berwenang   dan   mendapat pengesahan Menteri Pemuda dan Olahraga; serta memiliki pendidikan formal minimal Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau yang sederajat, yang dibuktikan dengan fotocopi sah ijazah/surat tanda tamat belajar.


Dan keenam, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II, dengan ketentuan sebagai berikut: Diperuntukkan bagi Eks Tenaga Honorer Kategori-II yang terdaftar dalam database BKN dan memenuhi persyaratan perundang-undangan sebagai Tenaga Pendidik atau Tenaga Kesehatan; Persyaratan sebagaimana merujuk pada Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 sebagaimana terakhir diubah dengan PP Nomor 56
Tahun 2012 dan UU Nomor 14 tahun 2005 bagi Tenaga Pendidik, serta UU Nomor 36

Tahun 2014 bagi Tenaga Kesehatan. Selain persyaratan tersebut, pelamar dengan jalur  formasi  khusus  Tenaga  Pendidik  dan  Tenaga  Kesehatan  dari  Eks  Tenaga Honorer Kategori-II harus memenuhi persyaratan, antara lain:
  • Usia paling tinggi 35 tahun  pada  tanggal  1  Agustus  2018,  masih  aktif  bekerja  secara  terus-menerus sampai sekarang; 
  • Bagi Tenaga Pendidik minimal berijazah S1 yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi Tenaga Honorer Kategori II pada tanggal 3 November 2013;  
  • Bagi  Tenaga  Kesehatan  minimal  berijazah  Diploma  III  yang  diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi Tenaga Honorer Kategori II pada tanggal 3 November
    2013; 
  • Memiliki tanda bukti nomor ujian Tenaga Honorer Kategori II Tahun 2013, dan 
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk. Pelamar dengan jalur formasi khusus Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II yang telah diverifikasi dokumennya akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar.

Sumber : http://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2017/01/SP-19-September-2018-SSCN-Siap-Diakses-Pelamar-Dipersilakan-Cermati-Syarat-dan-Formasi-Jabatan-CPNS-yang-Dapat-Dilamar.pdf