Lowongan CPNS Kementerian PPN / BAPPENAS Tahun 2017 - Rekrutmen Lowongan Kerja CPNS BUMN SMA D3 S1 2024
News Update
Loading...

9/12/2017

Lowongan CPNS Kementerian PPN / BAPPENAS Tahun 2017

Rekrutmen.NET - Bagi anda semua para pencari kerja Indonesia yang hendak melamar pekerjaan, seleksi psikotes adalah salah satu proses yang harus kalian dilewati untuk mendapatkan posisi yang diinginkannya. seleksi psikotes adalah proses yang membuat banyak orang gagal pada tahap seleksi.Singkat saja tips dalam mengerjakan psikotes yang paling benar yaitu dengan belajar melalui pengalaman namun disertai dengan latihan-latihan di waktu senggang. Lakukan perbaikan-perbaikan secara berkesinambungan terhadap diri Anda maupun terhadap kemampuan Anda di setiap psikotes yang Anda hadapi. koreksi apa yang menjadi kekurangan anda.  contohnya dalam melatih diri terhadap kesulitan yang dihadapi pada saat psikotes sebelumnya dan membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan saat malam hari sebelum menghadapi psikotes besok harinya, dan mempersiapkan fisik sebaik-baiknya. dan paling penting jangan lupa berdoa. Informasi lowongan berikut ini berasal dari Bappenasm Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, disingkat Bappenas, merupakan sebuah lembaga Pemerintah Nonkementerian Indonesia yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden Jabatan Kepala Bappenas dijabat oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional yang sejak 27 Juli 2016 dipimpin Bambang Brodjonegoro menggantikan Sofyan Djali





Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor  83  Tahun  2017  tentang  Kebutuhan   Pegawai   Aparatur  Sipil  Negara  (ASN)  di Lingkungan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan  Nasional tahun 2017, kami memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri pada Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan informasi lowongan, tatacara pendaftaran  serta jadwal seleksi sebagai berikut:









Kriteria Pelamar
  • 1)     Sesuai   dengan   kebijakan   nasional,   kebutuhan   jabatan   diperuntukkan   bagi pelamar dengan kriteria :
    • a. Cumlaude  adalah  pelamar  lulusan  terbaik  (Cumlaude/dengan   pujian)  dari Perguruan   Tinggi   Akreditasi   A/Unggul   dan   Program   Studi   terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus Cumlaude/pujian pada ijazah dan transkrip nilai.
    • b. Disabilitas    adalah   pelamar   yang   menyandang    disabilitas/berkebutuhan khusus   dengan   kriteria   mampu   melakukan   tugas   seperti   menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan diskusi.
    • c. Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria :
      • a)  Menamatkan pendidikan SD, SMP/SLTP, SMU/SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat (dibuktikan dengan Fotocopy Ijazah yang dilegalisir)
      • b)  Garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua (yang dibuktikan dengan Akta Kelahiran Pelamar, Fotocopy KK, KTP orang tua (bapak kandung) dan surat keterangan dari kelurahan/kepala desa).
      • d. Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana  huruf a, bdan c diatas.
  • 2)   Pelamar sebagaimana  angka 1 (satu) wajib memenuhi  persyaratan  pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.

Persyaratan Pelamar
  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan  putusan Pengadilan yang  telah  mempunyai  kekuatan  hukum  yang  tetap,  karena  melakukan  suatu tindak pidana kejahatan.
  • Tidak pernah  diberhentikan  dengan  hormat  tidak atas permintaan  sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan  sebagai CPNS atau PNS, anggota TNI/POLRI  atau siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  • Tidak  menjadi  anggota  atau pengurus  partai  politik  atau terllibat  dalam  politik praktis.
  • Tidak  memiliki  ketergantungan  terhadap  narkotika  dan  obat-obatan  terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir sebagai CPNS).
  • Untuk jenis formasi Cumlaude Perguruan Tinggi/Universitas  dan Program Studi terakreditasi A/Unggul.
  • Untuk jenis formasi Putra/i Papua, Disabilitas dan Umum :
    • a.   Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 untuk kualifikasi pendidikan S1 dan minimal 3.25 untuk kualifikasi pendidikan S2.
    • b.   Akreditasi Universitas/Perguruan  Tinggi Swasta minimal A.
  •  Usia Pelamar pada tanggal 1 September 2017 :
    • Minimal 18 tahun Maksimal 30 tahun untuk kualifikasi pendidikan S1. b. Minimal 18 tahun Maksimal 35 tahun untuk kualifikasi pendidikan S2.

II.    TATA CARA PENDAFTARAN
  • Pendaftaran online dimulai tanggal dari tanggal 11 September 2017 sampai dengan tanggal 25 September 2017 pukul 23.59 WIB secara online pada laman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan  (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Pelamar  hanya  diperbolehkan  melamar  pada  1  (satu)  Instansi.  Apabila  pelamar sudah  melamar   pada  Kementerian   PPN/Bappenas,   maka  tidak  diperkenankan melamar pada instansi lain.
  • Pada  saat  pendaftaran  secara  online,  Pelamar  harus  membaca  dengan  cermat petunjuk  pendaftaran  online  serta  mengunggah  (upload)  dokumen  dalam  bentuk (.pdf), dokumen terdiri dari :
    • Surat Lamaran  ditujukan  kepada Menteri PPN/Kepala  Bappenas  di Jakarta, diketik, ditandatangani. (format surat lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id)
    • Kartu  Tanda  Penduduk  (KTP)  asli atau  Surat  Keterangan  telah  melakukan rekaman   kependudukan    dari   Dinas   Kependudukan    dan   Catatan   Sipil (Dukcapil).
    • Ijazah dan Transkrip Nilai asli;
    • Surat Pernyataan yang telah diketik, ditandatangani dan dibubuhi materai Rp. 6000,-.   (format   surat   pernyataan    terlampir    dapat   diunduh   di   laman https://sscn.bkn.go.id)
    • e.   Pas Photo ukuran 4x6 dengan latar belakang merah sebanyak 1 lembar.
  • Pelamar  yang  dinyatakan   lulus  seleksi  administrasi   akan  diumumkan   pada  tanggal 30 September   2017  dan  dapat  mencetak   kartu  peserta  ujian  secara  online  melalui laman  https:/Isscn.bkn.go.id    tanggal  2 - 6 Oktober  2017.


III.   TAHAPAN SELEKSI CPNS
Tahapan Seleksi CPNS Kementerian PPN/Bappenas, terdiri dari :

1. Seleksi Administrasi.
Panitia  akan  melakukan  seleksi  administrasi  terhadap   kesesuaian  persyaratan
pelamar, kualifikasi pendidikan, akreditasi Universitas/Perguruan Tinggi dan kelengkapan dokumen yang telah diunggah (up/oad).  Pelamar yang telah memenuhi persyaratan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) (berbasis Computer  Assisted   Test)
Sub Tes dalam Seleksi Kompetensi Dasar terdiri dari :
a) Tes Wawasan Kebangsaan b) Tes Intelegensia Umum
c) Tes Kepribadian
Kelulusan berdasarkan nilai ambang batas (Passing   Grade)  yang telah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB. Pelamar yang memenuhi nilai ambang batas (Passing  Grade)  berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang Tahap 1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memiliki bobot penilaian 40% dari Kelulusan Nilai Akhir.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Tahap 1, yaitu : Tes Potensi Akademik (TPA) Sub Tes dalam Tes Potensi Akademik terdiri dari :
a) Verbal
b) Kuantitatif
c) Penalaran
dengan standar  skor  kelulusan minimal  565.  Pelamar yang  memenuhi  nilai skor
sekurang-kurangnya 565 berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang Tahap 2.

4. Seleksi Kompetensi Bidang Tahap 2, yaitu Psikotes dan Wawancara.
Rangkaian tes ini akan diikuti oleh Pelamar yang telah lulus dari Seleksi Kompetensi Bidang Tahap  1. Maksimal jumlah  peserta yang dapat mengikuti tahap ini adalah sebanyak 3 kali jumlah formasi jabatan. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) memiliki bobot penilaian 60% dari Kelulusan Nilai Akhir.

5. Kelulusan Nilai Akhir merupakan hasil peringkat kelulusan dari komponen penilaian
yaitu : 40% Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan 60% Seleksi Kompetensi Bidang
(SKB) Tahap 2.
Pengumuman resmi BAPPENAS lihat disini.

Persiapkan diri kalian sebaik mungkin, rekrutmen CPNS tidak di pungut biaya apapun, selamat mencoba.

Perhatian: Kami tidak pernah meminta biaya dalam bentuk apapun, Rekrutmen Lowongan Kerja Tidak dikenakan Biaya Apapun! GRATIS!

Comments
Harapan Kami
Semoga Kamu Cepat dapat Pekerjaan ya
Amin